Kantor Kecamatan Sentolo, Kulon
Progo. Ada satu hal menarik dari kantor ini, di tengah sejumlah berita tentang
pungutan liar yang mewarnai segala penjuru pelayanan pemerintah, kantor ini
justru membuktikan dirinya dengan memberikan pelayanan prima.
Ketika itu, saya berniat membuat
KTP pengganti karena KTP saya hilang. Bapak saya mengantar ke kantor kecamatan,
masih dengan seragam PNS nya karena beliau baru pulang dari mengajar. Entah
karena beliau sudah hafal dengan “kebiasaan” setiap kantor Pemerintah dalam
membedakan pelayanan atau apa, beliau memilih tidak masuk dan hanya memberi
saya uang. Kata Bapak saya, jika beliau masuk, maka pegawai kantor kecamatan
itu tidak akan meminta pungutan kepadanya, karena beliau berpakaian PNS. “nggak
enak sama masyarakat lain kalo dibedain..”, begitu kata beliau.
Saya pun mengiyakan, masuk sendiri untuk mengurus KTP pengganti. Begitu saya masuk, pegawai di situ melayani dengan sangat baik, hanya perlu antri sebentar KTP saya langsung diurus, dan yang mengejutkan lagi, KTP nya langsung jadi di hari itu juga. Padahal berapa kali sudah saya mendengar banyak orang mengeluhkan harus menunggu setidaknya hitungan pekan atau bahkan bulan sampai KTP nya bisa selesai.
KTP saya jadi, tapi saya agak
bingung setelah itu, serba salah kalau harus menanyakan biaya (baca: pungutan
liar) terkait itu. Pegawai kantor kecamatan itu sama sekali tidak menanyakan
tentang biaya atau apapun semisal itu. Saya pun memberanikan diri bertanya, “Biayanya
pak?” Beliau yang berdiri di depan saya hanya tersenyum dan mengatakan, “tidak
ada mbak, terima kasih..”
Malu juga rasanya, sudah
berpikiran buruk pada para pegawai kantor itu, sudah menggeneralisasikan semua
pelayanan Pemerintah memungut pungutan liar dalam pelayanannya. Semoga menjadi
percontohan, meski tanpa gelar kantor percontohan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar